Tips Menjadi Wirausaha Yang Baik 2015

Tips Menjadi Wirausaha Yang Baik 2015




Kebanyakan  wirausahawan pemula yang mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya karena kurang efisien dan efektif dalam memetakan bisnisnya.

So betapa pentingnya yang namanya kerja efektif dan tentunya efisiendalam membangun sebuah bisnis, ini sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis yang Anda jalankan ke depan. Selain bisa meningkatkan performa dalam sebuah bisnis, fokus mindset juga sangat membantu Anda dalam meningkatkan kualitas diri.

Pada era sekarang yang namanya kekuatan sebuah informasi sangat berpengaruh besar dalam kelangsungan bisnis Anda.

Maka memetakan Kekuatan konsep dalam berbisnis sudah menjadi kewajiban. Masalah yang sering timbul adalah bagaimana cara membentuk mindset wirausaha dalam diri Anda lebih fokus atau bahkan kalau memungkinkan bisa meningkatkannya.

So langsung saja ke TKP.

1. Jangan Berfikir Bahwa Anda Jenius

Maaf bukanya apa-apa sih, terkadang jika Anda terlalu merasa jenius atau merasa cerdas berlebihan yang ada menjadi penghalang langkah awal dalam berbisnis, Anda akan terfokus hanya dalam detail semata.

cobalah sesekali tidak merasa paling jenius atau cerdas serahkan kepada karyawan anda. Jika Anda melakukan hal ini percayalah bahwa akan ada peningkatan yang signifikan. Sama persis seperti yang teori yang disampaikan oleh Almarhum Bob Sadino.

Beliau selalu mengatakan jadilah orang yang bodoh untuk bisa menjalankan bisnis Anda.

Beliau juga menyebutkan selalu menggoblokkan diri atau mengosongkan gelas ketika bertemu dengan pebisnis atau siapapun yang bergelut di bidang bisnis.

Dengan Anda berfikir bodoh atau dengan kata lain tidak berfikir cerdas, otomatis mindset dalam otak Anda akan menyerap apapun ilmu yang  bisa Anda dapatkan dari siapapun.

Stay Hungry, Stay Foolish ~ Steve Jobs

2. "Say NO" Persiapkan Diri Untuk Kata Tidak

No....no.... “tidak”dalam perjalanan bisnis akan sering Anda dengar maka sejak awal persiapkan mentalitas anda dengan baik. Hal tersebut sering terjadi ketika bisnis Anda semakin bertumbuh dan berkembang menjadi besar.


Biasanya hal tersebut akan anda alamai semisal  ketika Anda melakukan penawaran pada investor dan Anda sampaikan beberapa ide yang akan Anda kerjakan. Di sini penolakan atau kata “tidak” sangat mungkin terjadi. Upayakanlah tetap tenang dan fokus dan dengarkan apa yang diinginkan oleh investor.

3. "Don't Stop" Selalau Berfikir Tentang Bisnis

Semakin pikiran anda dilatih tentang dunia bisnis dan pernak-perniknya, maka semakin mahir pikiran anda dalam analisis peluang bisnis dan tentunya dalam bermain bisnis yang sedang anda geluti. So teruslah move on.

Jika Anda stop berfikir ke depan, maka otak Anda pun akan tumpul. Kepekaan dalam mendapatkan sebuah ide pun juga akan melemah dan ini sangat menghambat pertumbuhan bisnis Anda.

4. "Dinamis" Inovasi atau Mati

Inovasi adalah harga mati dalam dunia bisnis yang Anda jalani. Inovasi adalah ibarat nyawa dalam sebuah bisnis. Selalu lakukan inovasi dan jangan pernah berhenti. Inovasi dalam bisnis juga bisa diartikan sebagai kesehatan dalam sebuah bisnis. Ketika Anda berhenti dalam berinovasi, maka saat itulah kemunduran bisnis Anda dimulai.

5. "Maju Tak Gentar" Sikap Optimis

Keep moving Bro, selalu optimis dalam menjalankan sesuatu. Sikap pesimis hanya akan menghabiskan energi Anda dengan sia – sia. Percayalah bahwa di depan selalu akan ada peluang yang bisa Anda ambil. Sikap optimis tidak bisa dipisahkan dari seorang pebisnis.

Jika Anda merasa belum mempunyainya, Ubahlah dan mulai dari sekarang apapun yang Anda lakukan, kerjakan dengan penuh rasa optimis. Sikap yang selalu optimis bisa Anda andalkan untuk menghadapi masalah yang mungkin akan Anda temui di masa yang akan datang.

6. Berani Mengambil Resiko

Sikap berani dalam berbisnis harus Anda punyai. Berani bisa Anda aplikasikan dalam berbagai situasi dan kondisi. Berani mengambil keputusan, berani mengambil resiko dan berani mengambil peluang adalah contoh yang sangat nyata dalam dunia bisnis.

Bisa Anda bayangkan jika Anda selalu takut dan ragu dalam segala hal, apalagi dalam dunia bisnis yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan.

So, sikap berani harus Anda punyai sejak sekarang.

Bagaimana Anda mengembangkan bisnis Anda tergantung bagaimana Anda bisa menata konsep dan mindset wirausaha Anda dengan benar. Coba Anda amati diri Anda sendiri sudahkah Anda menjalankan pemetaan yang tepat dalam menjalankan sebiah bisnis.

0 Komentar