Minggu, 14 Desember 2014

Makanan Tradisional Khas Nusantara

kreatifnya orang indonesia tempo doeloe  dalam meracik bahan pangan memang patut diapresiasi hingga kini.terbukti jelas adanya  beragam racika olahan bahan pangan . Di daerah-daerah bahkan sebagian besar wilayah pedalaman indonesia memiliki ciri dan khas tersendiri dalam mengelola bahan pangan, yang tentunya sangat pas dengan lidah "wong ndeso" yang dibuat berdasarkan selera lidah masyarakat daerah tersebut.

berikut kami sajikan sekelumit tentang legenda snack jadul tempo dulu :

LEMPER



Lemper adalah  makanan yang terbuat dari beras ketan dan di dalamnya di isi dengan abon sapi, atau daging baik daging ayam maupun ikan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasanya gurih, karena ketannya dimasak dengan mencampurkan santan kelapa.yang membuat kangen dengan panganan satu ini adalah cita rasa yang original khas kejawen.

KIPO

Kipo adalah makanan ringan khas Kotagede Yogyakarta.alkisah makanan ini menjadi idola para priyai ningrat kraton Mataram. Kipo dibuat dari bahan ketan, santan, gula dan garam. Sedangkan warna hijau berasal dari daun suji dan daun pandan. Bila ingin berburu kipo,

AREM AREM

Arem-arem merupakan makanan tradisonal yang berbahan dasar nasi lalu diisi sayuran atau sambal goreng kemudian dibungkus dengan daun pisang. Arem-arem ukurannya lebih besar daripada lemper
.
KLEPON

Klepon adalah makanan  yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa. Biasanya klepon berwarna hijau, jadi perlu ditambahkan pewarna dari daun suji atau daun pandan.

WAJIK

Wajik adalah salah satu makanan yang terbuat dengan bahan dasar beras ketan, dicampur dengan santan dan juga gula merah yang memiliki cita rasa manis dan gurih khas indonesia tentunya.

SEMPE ARUMANIS

Sempe Arum Manis  Gulaliqu  adalah makanan khas jawa/snack jaman dulu (jadul), mengandung karbohidrat, bergizi aman dan sehat dikomsumsi anak-anak karena tidak mengandung bahan pengawet, tanpa pemanis buatan dan tanpa perasa. Adapun bahan dasar Sempe Arum Manis  terbuat dari bahan pangan kwalitas: gula pasir, tepung terigu, tapioka, minyak kelapa.

GETHUK LINDRI

Makanan berbahan dasar singkong ini sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat indonesia terutama yang tinggal di jawa tengah dan jawa timur. Selain gethuk lindri di setiap daerah di jawa memiliki jenis getuk sendiri. Getuk lindri merupakan kue khas nusantara dari kota Magelang dan Jogja yang sering dijadikan oleh oleh.


GANDOS / RANGIN / PANCONG

adalah sejenis jajanan yang terbuat dari campuran kelapa muda serut atau parut, tepung beras, sedikit sagu dan air yang dipanggang dalam loyang cetakan.  Dominasi unsur kelapa serut  inilah yang membuat loyang cetakan tak perlu diolesi minyak atau margarin. Setelah adonan dipanggang beberapa saat, aroma wangi kelapa mulai menyeruak menggoda selera. Benar saja setelah matang rangin menjadi sebuah  sajian yang gurih dan nikmat. Apalagi jika langsung menikmatinya fresh from the loyang cetakan.

SEMAR MENDEM

Makanan ini bahan utamanya adalah beras ketan yang sebaiknya kita meumilih beras ketan yang baik sehingga nanti hasilnya meumuaskan,makanan ini hampir sama dengan lemper hanya bedanya digulung dengan dadar telur yang teklah kita ukur ukurannya

PUTU AYU/PUTRI AYU

Kue basah tradisional yang enak dan lembut ini merupakan salah satu dari aneka jajanan pasar yang hingga saat ini masih populer. Kue putu ayu atau sering disebut juga kue putri ayu ini memilki tampilan warna yang cantik, yaitu hijau dan putih dari kelapa yang diparut.


dan tentunya masih banyak lagi makanan kahas yang sangat melegenda bagi penikmat setianya.

Tidak ada komentar:
Write komentar

"Saya ingin masyarakat kita bisa memulai bisnis dari hal-hal yang kecil karena dulu saya juga memulai dari hal-hal kecil"
Get more of our update !