Jajanan Tradisional Indonesia Yang melegenda, Tak Kalah Populer Dengan Makanan Jaman smart phone.

Jajanan Tradisional Indonesia Yang melegenda, Tak Kalah Populer Dengan Makanan Jaman smart phone.

Bersyukur dan berbahagialah bagi kita yang terlahir dan dibesarkan di indonesia, karena ada berbagai macam multi kekayaan kultur budaya, kepercayaan, kekayaan alam dan banyak kekayaan-kekayaan lainya.

tidak ketinggalan dan tidak bisa dipungkiri jika indonesai juga memiliki beragam kekayaan dalam olahan kuliner yang sangat memanjakan lidah.

kekayaan kuliner di indonesia berbanding lurus dengan kekayaan budaya dan daerah yang ada. setiap daerah pastinya memiliki khas tersendiri dalam seni dan budaya dalam berkuliner.

hebatnya dari beberapa kue atau jajanan tradisional daerah hingga kini masih eksis dari gempuran maraknya jajanan modern Jaman smart phone

berikut beberapa jajanan tradisional yang melegenda:

. Kue serabi

utuk menikmati kue ini agar lrbih ajib bin enak biasanya dengan disiram kuah santan kental manis.

. Klepon atau onde-onde

siapa yang tidak kenal klepon...? jika belum mengenal apa lagi menikmati sensasi rasanya uh sunguh terlalu.

klepon atau ada juga yang menyebutnya sebagai onde-onde rasa nya manis alami khas gula jawa atau gula merah cair yang dibumbuhi dengan parutan kelapa. sensasi yang sangat terasa nyammy ketika klepon di lumat dalam mulut maka nak nyus perpaduan manisnya gula merah dengan parutan kelapa berpadu dengan kekenyalan lembut dari si klepon....enak tenan.

. Onde-onde isi kacang hijau

onde-onde jenis ini juga masih mudah di jumpai di pasar-pasar tradisional. soal rasa sangat identik dengan enak dan gurih dengan rasa wangi dari kacang hijau yang nyammy....

.Kue Janda atau Songkolobandang

dari namanya mungkin kebanyakan orang masih kurang familier. kue ini termasuk salah satu khas dari makasar yang terbuat dari pisang, saya sendiri belum pernah mencicipinya:) barangkali dari pembaca yang budiman ada yang sedia kiranya membuatkanya untuk saya, atau kalau ada info penjual nya di seputaran jogja bisa di infokan ya....:)

. Lupis

untuk kue yang satu ini rasanya agak mirip-mirip sama si klepon, kue ini sangat cocok dijadikan alternatif menu sarapan, ketan yang disiram gula merah cair dan taburan kelapa rasanya sangat menggoda selera.

. Sempe Arum Manis

adalah makanan khas jawa/snack jaman dulu (jadul), snac ini biasanya dijumpai pada pasar malam,  dengan rasa manis dan lembut membuat para pengemarnya sangat fanatik dan selalu membuat kangen bagi petualang rasa.


tentunya masih banyak lagi panganan atau jajanan tradisional yang memiliki nilai history nostalgia yang selalu terkenang untuk masing-masing orang dan latar belakang tentunya...:)

0 Komentar